Ini Dia Cara Membuat Minyak Kelapa Termudah

Penasaran dengan cara membuat minyak kelapa yang alami dan tidak mudah tengik? Disinilah anda memperoleh jawabannya untuk bagaimana membuat minyak kelapa sendiri mudah dan alami. Langkah mudah dan prosedur yang sesuai akan membuat minyak akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan membuat secara asal - asalan.

Di bawah ini adalah langkah dan cara membuat minyak kelapa sendiri dengan mudah.

Cara-Membuat-Minyak-Kelapa

Resep Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Metode Fermentasi :
  1. Pilih kelapa yang berkualitas agar hasil juga berkualitas. Kelapa yang matang dan masih segar adalah pilihan terbaik.
  2. Kemudian bersihkan kelapa tersebut dan kemudian parut. Selanjutnya campur parutan dengan sedikit air matang dan kemudian peras.
  3. Hasil perasan parutan kelapa tersebut segera Anda simpan di dalam botol yang transparan. Diamkan selama kurang lebih 24 jam di ruangan dengan suhu yang berkisar di angka 32 derajat celcius. Proses penyimpanan ini akan membuat air dan minyak terpisah. Minyak akan mengambang dan air akan menetap pada dasar botol.
  4. Selanjutnya saring minyak di dalam botol yang telah terpisah dengan air. Minyak kelapa ini biasanya berwarna kuning emas atau kuning pucat.

Metode Pemanasan :
  1. Sebelumnya pilih kelapa matang dan masih segar. Selanjutnya bersihkan dan parut. Kemudian campurkan dengan air bersih dan peras hingga diperoleh santan.
  2. Santan yang sudah diperas dipanaskan di atas wajan dengan api sedang. Sambil dipanaskan, aduk terus menerus santan hingga menjadi kental dan tebal.
  3. Dalam rentang waktu beberapa jam, minyak akan terlihat berpisah dengan zat lainnya yang ada di santan. Semakin Anda panaskan, air akan menguap dan meninggalkan minyak dan zat tertentu dalam wajan. Terus masak sampai Anda merasa cukup.
  4. Langkah terakhir, pisahkan minyak dari zat lain. Dan kemudian simpan minyak kelapa tersebut di dalam botol dan gunakan dalam keseharian Anda. 


Itulah beberapa langkah dan cara membuat minyak kelapa sendiri secara alami dan tentunya tidak mudah tengik. Selamat mencoba dan selamat bereksperimen dengan minyak kelapa buatan anda sendiri :).

Subscribe to receive free email updates: